Skip navigation

AcnePenyebab timbulnya acne dipengaruhi oleh beberapa faktor. Hal utama penyebab acne adalah tersumbatnya kelenjar minyak oleh sel sel kulit mati disertai dengan peningkatnya pertumbuhan bakteri acne, yang sebenarnya pada jumlah tertentu merupakan flora normal pada kulit, namun saat jumlah bakteri ini meningkat maka akan terjadi suatu proses peradangan yang bemanifestasi sebagai acne.

Salah satu faktor penting yang menyebabkan acne adalah peningkatan kadar hormon pada tubuh. Pada saat seseorang memasuki fase pubertas, tubuh akan mulai untuk memproduksi suatu hormon seksual pria, yang disebut sebagai hormon Androgen. Walaupun disebut sebagai hormon seksual pria, sebenarnya hormon ini terdapat baik pada pria maupun wanita, dengan level yang relatif lebih tinggi pada pria. Hormon ini pertama tama menyebabkan kelenjar minyak pada kulit menjadi membesar. Lalu hormon Androgen juga merangsang meningkatnya aktifitas kelenjar dalam memproduksi minyak ( Sebum ). Hal ini lah yang nantinya akan menyebabkan sumbatan pada kelenjar minyak pada kulit, menciptakan lingkungan yang baik bagi pertumbuhan bakteri acne, sehingga muncul acne pada kulit.

Keadaan keadaan yang dpengaruhi oleh perubahan hormonal seperti siklus menstrual, kehamilan dan penghentian konsumsi pil kontrasepsi juga dapat menyebabkan timbulnya acne. Begitu pula keadaan stres khususnya dalam tahapan yang berat untuk jangka waktu yang lama juga disebut sebagai salah satu hal yang merangsang pembentukan acne.

Ada beberapa golongan obat obatan yang diduga dapat merangsang pembentukan acne seperti Barbiturat, Lithium dan tentu saja Androgen.

Hal lain yang dapat menyebabkan timbulnya acne adalah faktor keturunan, pemakaian kosmetik yang tidak tepat, serta lingkungan yang penuh dengan polusi dan lembab.

 

Ada beberapa mitos mengenai hal tertentu yang dipercaya dapat menimbulkan acne. Terlepas dari apapun yang anda dengar, acne tidak disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi, seperti makanan yang berminyak, coklat maupun softdrink. Acne juga bukan sesuatu yang timbul karena kotoran, tidak dapat ditularkan dan juga bukan sesuatu yang timbul akibat dari tindakan masturbasi.

Bila acne sedang “menghiasi” wajah, ada beberapa tindakan yang sebaiknya dihindari, diantaranya adalah :

  1. Memencet acne, tindakan ini hanya akan menyebabkan bengkak pada jaringan dan dapat memperluas infeksi
  2. Mencuci wajah dengan menggunakan scrub, dapat mengiritasi kulit yang terkena acne
  3. Hindari menggunakan benda benda yang melekat pada kulit yang terkena jerawat, seperti bandana dan topi. Sangat bijaksana bila rambut sedapat mungkin jangan mengenai wajah.
  4. Kosmetik yang bersifat cream.

 

Leave a comment