Skip navigation

Acne atau lebih sering kita kenal dengan istilah jerawat merupakan musuh besar hampir setiap individu, baik pria, terlebih lagi wanita, yang mendambakan untuk memiliki kulit bersih tak bernoda. Mulai dari munculnya tonjolan kecil berwarna merah yang secara keseluruhan dapat merusak penampilan sampai dengan noda atau jaringan parut yang biasa timbul setelah acne menyembuh, dapat menimbulkan rasa frustasi yang mendalam terhadap penderitanya.

Untuk bisa mengerti apakah sebenarnya acne itu, pertama kita harus berbicara mengenai salah satu organ yang terdapat pada lapisan kulit yaitu folikel, terutama folikel minyak. Pada keadaan normal sel kulit yang melapisi folikel minyak ini akan secara continue terlepas dan terbawa keluar bersamaan dengan produksi minyak yang ada.

Bila sel kulit ini tidak terlepas dengan normal, maka akan terjadi sumbatan pada folikel minyak tersebut. Kemudian dibawah dari sumbatan akan terbentuk suatu kantung berisi sel kulit mati dan minyak, yang kita sebut sebagai Microcomedo.

Perlu diketahui bahwa pada kulit kita terdapat suatu bakteri yang disebut dengan proprionibacterium acne atau sering disingkat sebagai p.acne, dengan adanya sumbatan ini, maka pertumbuhan dari p.acne ini akan menjadi semakin cepat dengan sel kulit mati dan minyak yang terkumpul di dalam kantung sebagai bahan bakarnya.

Microcomedo semakin lama akan menjadi semakin besar, membentuk comedo. Ada dua macam comedo, yaitu whitehead comedo dan blackhead comedo . Disebut sebagai white head comedo bila permukaannya masih tertutup.

ClosedComedo


Bila permukaannya terbuka, maka akan terjadi proses oksidasi oleh udara sehingga berwarna kehitaman, oleh sebab itu kita sebut sebagai blackhead comedo.

opencomedo


Pada kasus yang lebih berat, dimana sudah terjadi proses infeksi pada sel2 kulit sekitarnya, maka akan papule, yang secara kasat mata tampak sebagai tonjolan kecil berwarna merah pada permukaan kulit.

Bila infeksi yang terjadi lebih hebat, maka tubuh kita akan mengerahkan sel sel darah putih untuk melawan infeksi, dan terbentuklah suatu substansi yang kita kenal sebagai pus atau nanah. Bentuk Acne yang seperti ini disebut sebagai pustule.

acne_papulepustule1.gif


Saat infeksi menjadi semakin luas dan dalam maka akan terbentuk acne yang kita sebut sebagai
nodul, kista atau bahkan sampai terbentuk abses. Biasanya acne dengan bentuk ini disertai rasa sakit yang luar biasa dan seringkali bersifat resisten terhadap pengobatan acne biasa.

undergroundpimples_img.jpg

Leave a comment