Skip navigation

ButterflyTak dapat dipungkiri bahwa kita adalah makhluk yang bersifat “mortal, dan keinginan untuk muda selamanya hanya merupakan angan angan belaka. Meskipun begitu usaha untuk senantiasa tampil muda tidak pernah berhenti kita lakukan. Sebenarnya kunci dari kulit selalu tampak muda adalah kandungan kollagen yang terdapat di dalamnya.

Seiring dengan berjalannya usia, kandungan kollagen pada kulit juga mengalami degradasi sehingga terjadilah proses penuaan kulit, seperti munculnya kerut dan pori pori yang tampak membesar.

Satu satunya cara untuk memperlambat degradasi collagen adalah dengan meminimalisir kontak dengan sinar matahari, itulah sebabnya mengapa ahli kecantikan tak henti hentinya “berkhotbah” mengenai pentingnya penggunaan tabir surya.

Tetapi, apabila kerusakan sudah terlanjur terjadi, ada beberapa cara untuk kembali mendapatkan kulit sehat dan tampak muda. Diantaranya adalah dengan memilih produk perawatan kulit dengan kandungan zat sebagai berikut :

1. Vitamin A

Vitamin A, seperti contohnya adalah Retin-A, mengandung tretinoin yang terbukti efektif untuk mengurangi kerutan kerutan halus pada kulit. Perlu diingat setelah penggunaan Retin A, harus benar benar membatasi kontak dengan sinar matahari. Penggunaan tabir surya dan topi sangat dianjurkan.

2. Retinoids

Merupakan derivat vitamin A dengan formulasi yang lebih lembut bila dibandingkan dengan Retin A. Berbeda dengan yang disebutkan diatas, retinoids mengandung retinol. Memberikan efek yang lebih ringan dibandingkan dengan Retin A.

3. AHA / BHA

AHA / BHA adalah pilihan tepat bagi individu yang merasakan kulitnya menjadi sangat kering dengan pemakaian Retin A atau Retinoids, karena zat ini cenderung memiliki efek lebih melembabkan kulit. Mulailah menggunakan produk perawatan yang mengandung Glycolic acid, suatu turunan AHA/BHA yang berasal dari ekstrak tebu, Lactic yaitu turunan AHA/BHA yang berasal dari ekstrak susu atau Citric yang merupakan turunan AHA/BHA yang berasal dari ekstrak buah buahan.

Leave a comment